Tips Memilih Warna Plitur Kayu Jati yang Bagus agar Estetik

oleh -59 Dilihat
warna plitur kayu jati yang bagus

Kayu jati adalah jenis kayu unggulan yang banyak digunakan untuk pembuatan furnitur. Jenis kayu ini terkenal awet dan kuat. Apalagi dengan warna plitur kayu jati yang bagus, furniture Anda akan terlihat makin estetik.

Harga perabotan dari kayu jati cenderung mahal. Anda mungkin membutuhkan warna plitur kayu yang bagus untuk merawatnya.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan mengulas tentang tips memilih warna plitur, keunggulan warna politur water based, jenis warna plitur, dan cara mengaplikasikan plitur.

Tips Memilih Warna Plitur Kayu Jati yang Bagus

Plitur merupakan bahan finishing untuk memberikan lapisan film pada bagian luar perabotan kayu. Ada dua jenis plitur kayu, yaitu solvent based dan water based.. Namun, plitur kayu water based biasanya menjadi warna plitur kayu jati yang bagus dan bikin .

Shellac (bahan pembuat plitur) pada plitur solvent based mengeluarkan bau yang menyengat. Dengan pelarut spiritus, shellac ini akan sangat berbahaya ketika terhirup.

Anda bisa menggunakan cat plitur kayu water based untuk mengganti shellac dan plitur kayu konvensional tersebut. Namun, pada kondisi tertentu, Anda mungkin membutuhkan  plitur kayu solvent based. Berikut ini tipsnya.

  • Pertama, plitur kayu solvent based memiliki pigmen warna, sedangkan plitur kayu water based memberikan warna transparan (bening).
  • Selanjutnya, untuk plitur kayu water based memperlihatkan serat kayu jatinya sehingga tampilan naturalnya semakin terlihat.
  • Shellac pada kayu solvent based hanya memberikan hasil glossy dan high glossy, sedangkan hasil plitur kayu water based bisa sesuaikan mulai dari tampilan glossy hingga doff.
  • Terakhir, untuk melakukan finishing pada perabotan di luar ruangan, Anda sarankan menggunakan plitur water based. Plitur jenis ini lebih tahan terhadap cuaca yang ekstrem.

Saat ini, warna plitur kayu water based cukup favorit di kalangan pengusaha perabotan kayu jati. Apa sebenarnya keunggulan jenis warna plitur ini?

Keunggulan Warna Plitur Kayu Water Based

Pemilihan warna plitur kayu jati akan memengaruhi penampilan furnitur di rumah Anda. Warna plitur yang pas akan menampilkan hasil finishing yang lebih elegan dan terkesan lebih alami.

Ada banyak jenis bahan pewarna kayu, tetapi plitur kayu water based saat ini lebih sering menggunakan karena karena mudah pengaplikasiannya, terutama oleh pemula. Keunggulan warna  plitur kayu water based adalah:

  • tidak mengeluarkan bau yang menyengat maupun mengganggu penglihatan;
  • menggunakan pelarut air sehingga memudahkan proses aplikasinya;
  • hasil finishing-nya transparan sehingga serat kayu terlihat jelas serta sangat alami; dan
  • kayu akan memiliki warna transparan dan tidak akan berubah menjadi kekuningan.

Melengkapi keunggulannya, ada beberapa pilihan warna plitur kayu water based yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Pilihan Warna Plitur Kayu Jati yang Bagus

Ada lima rekomendasi pilihan warna plitur kayu jati yang bagus dan water based untuk finishing perabotan kayu jati. Uraiannya bisa Anda simak dalam ulasan singkat dari Jariimaji.com di bawah ini.

1. Red Teak

Ketika dipotong, kayu akan berubah warna menjadi kemerahan. Setelah dijemur dan dikeringkan, teksturnya akan berubah menjadi coklat. Plitur kayu warna red teak ini memberikan kesan merah pada kayu jati, seperti kayu jati yang baru saja dipotong.

2. Gardena Teak

Furnitur di luar ruangan biasanya mengandalkan kayu jati. Ini membuatnya lebih indah pada rumah joglo modern tampak depan. Anda bisa mencari politur dengan warna yang senada dengan warna kayunya. Gardena teak memberikan kesan warna kayu yang terang mirip dengan kayu jati aslinya.

3. Dark Teak

Kayu jati sudah memiliki serat kayu yang indah. Namun, kayu jati dengan warna cokelat gelap terkesan lebih eksotik. Warna dark teak ini memberikan kesan warna gelap yang elegan pada perabotan kayu jati.

4. Walnut Brown

Seperti kayu jati pada umumnya, kayu walnut memiliki warna yang gelap eksotis. Plitur kayu dengan warna kayu walnut kini bisa diaplikasikan pada kayu jati. Dengan warna cokelat walnut ini perabotan Anda akan mirip dengan kayu walnut yang asli.

5. Light Brown

Warna light brown dapat memberikan kesan warna kayu jati yang lebih cerah dengan tampilan mengkilap. Tampilan warna cokelatnya memiliki tingkatan yang berbeda dengan gardena teak. Anda bisa menggunakannya untuk perabotan penuh ukiran.

Pemilihan warna plitur kayu jati yang bagus di atas harus menyesuaikan dengan peruntukan dan penempatan perabotan. Selain itu, cara mengaplikasikan plitur juga akan memengaruhi hasil akhirnya. Warna light brown sangat cocok diterapkan pada pintu garasi mobil minimalis samping rumah.

Cara Mengaplikasikan Plitur Kayu agar Hasilnya Mengkilap

Finishing dengan cat biasa dan plitur berbeda tingkat kesulitannya. Secara singkat, cara mengaplikasikan plitur kayu yang benar agar hasilnya mengkilap terangkum dalam langkah-langkah di bawah ini.

  1. Siapkan peralatan, antara lain plitur, kuas ukuran 3 inci dan 2 inci, bahan pelarut, amplas alumunium oxide nomor 180 dan 400. Siapkan juga kain katun yang bersih dan kering, serta gelas plastik.
  2. Jika permukaan kayu masih kasar, haluskan lebih dahulu dengan kertas amplas nomor 180.
  3. Bersihkan debu amplas dengan kain lap dan pastikan kayu sudah benar-benar kering agar kelak tidak berjamur.
  4. Siapkan plitur dan bahan pelarut sesuai komposisi yang seharusnya produk gunakan.
  5. Campurkan plitur dan bahan pelarutnya di dalam gelas plastik Aduk hingga benar-benar merata.
  6. Aplikasikan plitur menggunakan kuas searah dengan serat kayu agar hasilnya tidak menutup serat kayu dan hasil pengecatannya terlihat rata.
  7. Tunggu plitur hingga benar-benar kering.
  8. Jika permukaan sudah betul-betul kering, haluskan permukaannya dengan amplas nomor 400 hingga serat kayu terlihat. Tipis-tipis saja menggunakannya.
  9. Aplikasikan kembali plitur hingga kali hingga mendapatkan warna yang sesuai.
  10. Agar mengkilap, gunakan top coat sebagai lapisan akhir.

Tips memilih warna plitur kayu jati yang bagus di atas terangkum dari berbagai sumber. Anda bisa mempraktekkannya agar perabotan kayu jati Anda tampil lebih elegan dan estetik. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis: mfaridct

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang tinggal di Jakarta menyalurkan hobi menulis melalui blog. Blog ini menghidangkan sajian yang mantabs tentang strategi bisnis, karir, Keuangan, entrepreneurship, dan management skills.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.