10 Peluang Usaha Sampingan untuk Bidan yang Menguntungkan

oleh -94 Dilihat
Peluang Usaha Sampingan untuk Bidan

Ada berbagai pekerjaan atau bidang yang bisa menjadi peluang usaha sampingan untuk bidan. Jadi, bisa menambahkan uang pendapatan dan kebutuhan harian akan dapat terpenuhi dengan baik.

Beberapa pekerjaan yang artikel ini rekomendasikan pun sangat mudah pelaksanaannya. Dengan begitu, tidak akan membuat terlalu lelah karena masih menjalankan usaha sampingan. Untuk penjelasan lengkap, bisa lihat pada pembahasan berikut.

Peluang Usaha Sampingan untuk Bidan

Bidan merupakan tenaga kesehatan yang membantu ibu hamil sejak masa kehamilan sampai persalinan. Ketika pasien dalam masa kehamilan, maka akan membantu mengontrol kondisi ibu dan janin.

Selain itu, juga akan memberikan saran-saran kepada pasien supaya janin tercukupi kebutuhannya. Hal itu akan berlangsung sampai masa persalinan. Terkadang, ada juga yang membantu dalam masa nifas pasien.

Pendapatan menjadi seorang bidan mungkin cukup besar, tetapi, jika sedang banyak pasiennya. Jadi, mencari peluang usaha sampingan bisa menjadi alternatif terbaik supaya pendapatan lebih stabil.

Dengan begitu, kebutuhan harian bisa tercukupi dengan baik. Berikut beberapa rekomendasi peluang usaha untuk bidan dari Jariimaji.com.

1.      Menjual Produk

Peluang usaha sampingan untuk bidan yang pertama ialah menjual produk. Misalnya menjual masker, hand sanitizer, alat kesehatan, dan lain sebagainya. Hal ini cukup efektif karena orang-orang banyak yang membutuhkannya.

Jika hobi masak bisa menjual produk berupa makanan yang banyak orang suka. Misalnya saja dengan mencoba peluang usaha mie ramen di Indonesia.

2.      Menjadi Dropshipper

Jika tidak ingin repot dengan stok barang atau pengemasan, maka bisa menjadi seorang dropshipper. Bidang profesi ini berbeda dengan orang jualan pada umumnya. Hal itu karena tidak perlu stok barang, packing atau pengiriman.

Semua hal tersebut dilakukan oleh supplier sendiri. Lalu apa tugas seorang dropshipper? Tugasnya yaitu hanya mempromosikan barang-barang jualan dari supplier. Tentu jika hanya demikian, maka tidak akan menyita banyak waktu.

Apalagi sekarang promosi bisa melalui online ke berbagai sosial media. Misalnya ke Facebook, Instagram, dan lain sebagainya. Kemudian untuk keuntungan dari profesi ini adalah berdasarkan jumlah produk yang terjual.

3.      Youtuber

Menjadi seorang youtuber bukan hal asing lagi di era sekarang. Bidang ini juga bisa menjadi peluang usaha sampingan untuk bidan. Untuk kontennya nanti bisa bertema tentang kesehatan. Baik itu menerangkan gizi, penyakit berbahaya, kecantikan, dan lain sebagainya.

Jadi, sesuaikan saja dengan bidang yang bidan sukai. Dalam menjadi youtuber, tentu membutuhkan kemampuan public speaking yang bagus. Jika seorang bidan tidak mempunyai kemampuan itu, maka bisa diasah dan terus melatih kemampuan diri.

4.      Menjadi Pengajar Privat

Saat ini banyak yang sedang membutuhkan tutor atau guru privat. Hal itu karena orang tua menginginkan anak belajar secara lebih maksimal dan dapat memahami pelajaran dengan baik.

Untuk mengajar langsung juga tidak memungkinkan karena sibuk atau kurang memahami materi sekolah. Dengan begitu, maka bisa bidan jadikan peluang untuk usaha sampingan. Biasanya setiap anak hanya memerlukan privat setidaknya 2 jam dalam sehari.

Jadi, tidak akan terlalu menghabiskan banyak waktu. Jam privat pun bisa bidan sesuaikan dengan jadwal praktek di rumah sakit. Misal mempunyai jadwal praktek pagi hari sampai siang, maka bisa mengajar privat di sore hari.

Untuk materi lesnya, bisa sesuaikan dengan kemampuan. Jadi, tidak harus dalam bidang kesehatan, tetapi juga dapat mengajar matematika, bahasa Inggris, IPA, dan lain sebagainya sesuai keahlian.

Bimbingan belajar semacam les privat merupakan salah satu ciri-ciri peluang usaha bersifat orisinil. Sebab, usaha ini berkelanjutan dan tahan lama. Setiap pelajar selalu membutuhkan jasa ini.

5.      Menjadi Pembicara Seminar

Peluang usaha sampingan untuk bidan selanjutnya adalah menjadi pembicara seminar. Seorang narasumber dalam seminar sangat diperlukan untuk bisa mengisi forum tersebut. Namun, biasanya pihak panitia yang menentukan siapa yang akan menjadi narasumbernya.

Jadi, dalam hal ini tentu bidan harus menunjukkan kemampuannya dalam hal menjadi narasumber. Dengan begitu, dapat dipilih ketika ada yang membutuhkan narasumber terkait kesehatan atau hal terkait lainnya.

6.      Peluang Usaha Sampingan untuk Bidan dengan Menjadi Selebgram

Selebgram hampir sama dengan youtuber. Hal itu karena sama-sama membuat konten kemudian membagikannya ke sosial media. Hanya saja pelaksanaan seorang selebgram ialah di aplikasi Instagram.

Selain itu, konten yang bidan buat tidak hanya berupa video. Akan tetapi, juga bisa berbentuk gambar yang berisi tips-tips kesehatan.

Menjadi seorang selebgram juga bisa mendapatkan cuan yang besar. Jadi tiada salahnya untuk mencoba hal ini. Namun, harus konsisten dalam mengunggah konten supaya semakin banyak yang mengikuti.

7.      Membuka Cuci Motor

Jika halaman rumah cukup luas, maka bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa cuci motor. Hal ini bisa menjadi peluang usaha sampingan untuk bidan yang efektif dan dapat menambah biaya pemasukan.

Jasa di bidang ini cukup banyak peminatnya terutama jika rumah bidan berada di pinggir jalan raya. Hal itu karena banyak kendaraan yang berlalu lalang.

8.      Kedai Dekat Rumah Sakit

Membuka kedai dekat rumah sakit juga bisa menjadi peluang usaha sampingan bidan. Bisa menyediakan menu makanan atau minuman yang banyak orang butuhkan. Biasanya pengunjung pasien suka minum kopi, beli camilan, roti, dan sejenisnya.

Jadi, sesuaikan saja dengan apa yang banyak orang-orang sukai. Dengan begitu, bisa menarik perhatian konsumen untuk membeli dan usaha bidan pun menjadi meningkat omsetnya.

9.      Berkebun dan Beternak Organik

Jika menyukai tanaman atau hewan ternak, maka bisa menjadikan itu sebagai peluang usaha. Jadi, dapat memanfaatkan halaman rumah untuk berkebun atau beternak secara organik. Untuk berkebun bisa menanam sayur-sayuran.

Sedangkan, beternaknya dapat berupa memelihara ayam dan lain sebagainya. Kemudian, beternak atau berkebun secara organik adalah penggunaan bahannya tidak ada unsur kimia. Jadi, cukup memanfaatkan bahan organik seperti pupuk kandang dan pakan berupa ulat.

10.  Mendirikan Apotek

Seorang bidan tentu mempunyai pengetahuan tentang obat-obatan. Dengan pengetahuan ini, maka bisa membuka sebuah apotek.

Selain sebagai usaha sampingan, juga supaya bisa membantu memenuhi kebutuhan obat yang ada di sekitar area tersebut. Jadi, masyarakat setempat tidak perlu bingung ketika membutuhkan obat-obatan tertentu.

Itulah beberapa peluang usaha sampingan untuk bidan yang bisa dicoba. Bisa memilih ide yang mana saja sesuai kemampuan. Pasalnya, bidang usaha di atas mempunyai kebutuhan modal dan skill yang tidak sama.

Tentang Penulis: mfaridct

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang tinggal di Jakarta menyalurkan hobi menulis melalui blog. Blog ini menghidangkan sajian yang mantabs tentang strategi bisnis, karir, Keuangan, entrepreneurship, dan management skills.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.