4 Ciri Ciri Peluang Usaha Bersifat Orisinil

oleh -86 Dilihat
Ciri Ciri Peluang Usaha Bersifat Orisinil

Adakah yang sedang mencari inspirasi untuk membuka usaha? Jika demikian, ciri ciri peluang usaha bersifat orisinil akan menjadi pengetahuan yang sangat penting, sebelum memutuskan untuk berkecimpung di dalamnya.

Pasalnya, hal ini akan sangat berkaitan dengan kelangsungan usaha, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Dengan ide usaha yang tepat, peluang untuk berkembang pun semakin terbuka lebar.

Mengapa Peluang Usaha Harus Orisinil?

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), orisinil atau orisinal berarti asli, tulen. Maknanya, usaha tersebut harus berasal dari kreativitas sang pemilik usaha, bukan hasil meniru pengusaha lain atau sekadar ikut-ikutan saja.

Sesuatu yang trending atau viral memang mampu menyedot perhatian masyarakat dengan seketika, tetapi biasanya hanya bersifat sementara. Saat kondisi sudah mereda atau tergantikan dengan tren lain, maka usaha pun menjadi ikut sepi.

Contoh saat tren es semangka viral di media sosial, banyak masyarakat yang berbondong-bondong menjualnya. Namun sekarang perlahan mulai menghilang, apalagi musim hujan datang dan buah semangka sulit untuk didapatkan atau mahal.

Jika sudah demikian, mau tak mau harus putar otak lagi agar usaha tetap berjalan. Pilihannya hanya dua, yakni bertahan dengan kondisi sepi atau putar haluan dengan menjual produk lain, seperti mencoba peluang usaha mie ramen di Indonesia.

Inilah salah satu alasan, mengapa pengetahuan mengenai ciri ciri peluang usaha bersifat orisinil menjadi sangat penting. Sebab, mengulang perjuangan dari nol lagi untuk branding, bukanlah suatu proses yang mudah.

Selain menghabiskan banyak tenaga, dari segi waktu dan biaya yang terkuras pun semakin besar. Tidak heran, jika banyak pengusaha baru yang terpaksa gulung tikar karena tidak mampu untuk melalui masa-masa tersebut.

Ciri Ciri Peluang Usaha Bersifat Orisinil

Maka dari itu, orisinalitas peluang usaha perlu menjadi bahan pertimbangan utama, sebelum memutuskan untuk berkecimpung di dalamnya. Adapun cara mengetahuinya adalah melalui ciri ciri peluang usaha bersifat orisinil berikut:

1.      Ide Fresh

Fresh di sini artinya ide tersebut benar-benar hasil dari pemikiran sendiri, bukan meniru usaha orang lain. Contoh Anda punya kebun jambu kristal, tetapi harganya sangat anjlok atau bahkan cenderung tidak laku.

Kondisi seperti ini bisa mengakibatkan stok buah melimpah, busuk, dan akhirnya terbuang dengan sia-sia. Demi mencegah terjadinya kerugian besar, Anda pun berusaha untuk mengkreasikan jambu kristal menjadi rujak dan manisan.

2.      Produk Baru di Pasaran

Ide ini termasuk ciri ciri peluang usaha bersifat orisinil, karena Anda menciptakan inovasi berdasarkan kondisi yang terjadi di lapangan. Maka dari itu, belum ada penjual menjajakan produk yang sama di pasaran.

Keuntungannya, Anda bebas menentukan target market serta lebih mudah dalam menentukan strategi pemasaran. Namun tantangannya adalah memperkenalkan produk baru di pasaran, juga bukan sesuatu hal yang mudah.

3.      Berkelanjutan dan Tahan Lama

Melihat contoh di atas, usaha ini termasuk peluang yang sangat potensial, karena produk lebih tahan lama dibandingkan bahan baku. Dengan teknik pengolahan sedemikian rupa, manisan jambu kristal mempunyai masa simpan hingga berbulan-bulan.

Sebagai pendatang baru, manisan jambu kristal mempunyai harapan berkelanjutan yang sangat besar. Meskipun butuh effort yang lebih, bukan tidak mungkin di masa mendatang Anda akan mampu menguasai pasar.

4.      Ciri Ciri Peluang Usaha Bersifat Orisinil: Tidak Musiman

Jambu kristal memang tidak berbuah setiap saat, tetapi makna “musiman” di sini bukan tentang masa panen, melainkan jenis usahanya. Usaha musiman akan ramai di waktu tertentu, tetapi cepat juga menghilangnya.

Misal penjual bendera merah putih yang rata-rata hanya akan buka pada bulan Juli – Agustus saja, karena menuju hari kemerdekaan RI. Lewat dari momen tersebut, sangat jarang ada pembeli yang mencari bendera.

Jika Anda mempunyai toko ATK dan menyediakan bendera sebagai barang tambahan saja, tentu tidak jadi masalah. Sebab hanya memanfaatkan kesempatan yang ada, seandainya pun momen tersebut sudah lewat, usaha tetap bisa berjalan.

Sumber Ide Peluang Usaha

Bagaimana, ternyata menjalankan bisnis dengan ciri ciri peluang usaha bersifat orisinil sangat menguntungkan, bukan? Sayangnya, ide seperti itu tidak muncul begitu saja dan Anda tidak bisa berdiam diri tanpa melakukan apapun.

Pasalnya, Tuhan tidak akan menurunkan ilham secara tiba-tiba melalui mimpi. Kuncinya ialah lebih peka dengan apa yang terjadi di kehidupan sehari-hari, karena ide kreatif bisa muncul dari sumber-sumber berikut:

1. Diri Sendiri

Sumber peluang usaha yang sangat potensial adalah dari diri sendiri. Manfaatkan hobi, minat, passion, pengetahuan, cita-cita, riset, maupun pengamatan untuk menciptakan peluang usaha sendiri.

Misalnya Anda memiliki kemampuan akademik dan menulis yang bagus, mungkin bisa memanfaatkan cara menghasilkan uang lewat Academia Edu.

Jika sudah berniat untuk menjadi seorang pengusaha, gunakan semua kemampuan, wawasan, dan kreativitas secara maksimal. Pengusaha tidak hanya bekerja dengan otot, tetapi otak juga harus aktif.

2. Lingkungan

Ide usaha mungkin saja muncul dari apa yang terjadi di lingkungan sekitar, baik di dalam keluarga maupun masyarakat. Misalnya dengan mengembangkan bisnis warisan orang tua dengan menghadirkan inovasi baru.

Atau bisa juga dengan melihat kondisi lingkungan sekitar, seperti kemalangan tetangga, tumpukan barang bekas, dan lain-lain. Seseorang dengan jiwa pengusaha akan mampu melihat hal-hal seperti ini sebagai peluang yang menjanjikan.

3. Konsumen atau Pembeli

Pada beberapa kesempatan, pembeli ada yang suka mengeluh dengan produk yang ada di pasaran. Keluhan ini bisa berupa kualitas, produk tidak tersedia di pasaran, dan yang paling sering adalah masalah harga.

Anda bisa mendengar masukan-masukan tersebut dan mengubahnya menjadi peluang usaha yang potensial. Dengan menghadirkan produk yang pembeli butuhkan, Anda sudah mencuri perhatiannya sejak awal.

4. Perubahan

Kehidupan cepat sekali berubah, bahkan hanya dalam hitungan jam saja. Di sini, Anda harus bisa menangkap sinyal tersebut untuk mengetahui peluang apa yang bisa dimanfaatkan dari kondisi saat ini.

Apabila sudah mendapatkan ide, segera lakukan analisa usaha dan eksekusi dengan persiapan matang. Ingat, pastikan ide dari Jariimaji.com tersebut benar-benar potensial dan sesuai dengan ciri ciri peluang usaha bersifat orisinil. Selamat menjadi pengusaha!

Tentang Penulis: mfaridct

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang tinggal di Jakarta menyalurkan hobi menulis melalui blog. Blog ini menghidangkan sajian yang mantabs tentang strategi bisnis, karir, Keuangan, entrepreneurship, dan management skills.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.