Bagaimana Peluang Usaha Mie Ramen di Indonesia?

oleh -79 Dilihat
Peluang Usaha Mie Ramen di Indonesia

Ramen adalah jenis mie berkuah khas Jepang. TIdak hanya di negeri asalnya, tetapi juga ramen pun mulai populer di Indonesia. Bahkan, banyak gerai dan warung yang menyajikan makanan ini sebagai menu andalan. Peluang usaha mie ramen di Indonesia terlihat cukup menjanjikan.

Dengan cita rasanya yang kuat dan menyegarkan, ramen ternyata mudah adaptasi dengan lidah orang Indonesia. Oleh karena itu, dalam artikel ini mengulas secara singkat peluang usaha mie ramen dan cara memulainya di Indonesia. Simak sampai selesai, ya!

Peluang Usaha Mie Ramen di Indonesia

Menu ramen laris manis di hampir semua gerai dan warung. Variannya cukup banyak. Siapa pun akan tertarik untuk mencicipi dan menjualnya. Anda bisa membaca peluang usahanya secara singkat dalam ulasan di bawah ini.

Salah satu varian favorit adalah mie ramen telur kari pedas. Peluang untuk menambah pendapatan dengan membuka bisnis ini menjanjikan. Keunggulan dan target pasarnya jelas. Siapa sih, yang tidak menyukai mie berkuah yang cita rasanya kuat?

Ramen kuah pedas memiliki rasa yang lezat dan enak. Anda bisa membuatnya sendiri agar lebih higienis dan tingkat kepedasannya bisa diatur. Apalagi, harganya bisa diatur sehingga terjangkau oleh masyarakat umum. Siapa pun bisa membeli dan menikmatinya.

Sekilas, peluang usaha mie ramen di Indonesia terbuka lebar. Ciri-ciri peluang usaha bersifat orisinil yaitu Anda akan mendapatkan keuntungan dari bisnis ini cukup besar. Tentu saja, hal tersebut hanya terjadi jika Anda mempersiapkan dan menekuninya secara serius.

Cara Menjawab Peluang Usaha Mie Ramen di Indonesia

Untuk pertama kali, Anda bisa membuka bisnis ramen dalam skala rumahan. Cobalah dari teras rumah atau gang depan rumah sambil membaca peluang dan mengumpulkan modal untuk membuka gerai di tempat lain. Karena tidak menghabiskan banyak modal awal, sangat cocok dijadikan sebagai peluang usaha sampingan untuk bidan atau profesi lainnya.

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk menjawab peluang usaha mie ramen di Indonesia adalah menyiapkan mental yang tahan banting. Setelah itu, barulah Anda melakukan beberapa persiapan lain. Simak, ya.

1.      Menguasai Cara Membuat dan Menyajikan

Mie ramen akan laris jika rasanya mantap dan cara penyajiannya menarik. Untuk itu, Anda perlu menguasai cara pembuatan dan penyajiannya. Tidak perlu ala Jepang sepenuhnya, adaptasi dengan kebiasaan orang Indonesia.

Mie ramen dimasak dengan cara direbus, lalu dimasukkan ke dalam mangkuk yang telah berisi kuah. Kuah ini bisa dibuat dari berbagai jenis kaldu. Anda mungkin perlu mencoba beberapa kali hingga menemukan kematangan mie dan takaran keju yang paling pas.

Ramen di Jepang umumnya disajikan dengan tambahan beberapa lauk, seperti telur rebus, irisan daun bawang, sayuran hijau, nori, dan narutomaki sebagai hiasan. Untuk versi Indonesia, Anda bisa menambahkan irisan daun bawang goreng.

2.      Menemukan Supplier Mie yang Berkualitas

Mie untuk ramen agak berbeda dengan mie yang ada untuk bakso atau mie ayam. Jika belum bisa membuat sendiri, Anda perlu menemukan dan bekerja sama dengan penyedia mie ramen yang berkualitas bagus. Kualitas mie menentukan kualitas ramen juga, lo.

3.      Menetapkan Target Konsumen

Calon konsumen untuk menu mie ramen telur kari pedas ini sebetul sangatlah luas. Makanan ini banyak masyarakat nikmati dari berbagai kalangan. Pendek kata, Anda bisa menjualnya kepada siapa saja.

Pemilihan target konsumen akan berkaitan dengan lokasi gerai dan pilihan jenis ramennya. Pilihan ramen untuk gerai yang berada di dekat sekolah, di pusat kota, atau dekat pasar sangat mungkin berbeda.

4.      Memilih Lokasi yang Strategis

Anda bisa menjawab peluang usaha mie ramen di Indonesia dengan memilih lokasi gerai yang tepat. Gerai akan mudah orang kenali jika berada di tempat yang ramai orang lewati. Hal ini juga memudahkan pemasaran.

Meskipun bisa memulai dari rumah, Anda perlu mempertimbangkan beberapa lokasi yang tepat agar kelak lebih mudah mengembangkan usaha. Lokasi-lokasi tersebut, antara lain kawasan kampus, dekat tempat perbelanjaan, tempat rekreasi, dan pinggir jalan.

5.      Melengkapi Peralatan

Dengan peralatan yang lengkap, Anda tentu lebih mudah menyiapkan pesanan mie ramen. Beberapa peralatan standar yang Anda butuhkan, antara lain kompor dan gas, meja dan kursi, dan peralatan makan. Anda bisa menambahnya bertahap sesuai kebutuhan.

6.      Membangun Suasana yang Bikin Kangen

Orang akan suka datang ke sebuah gerai jika mendapatkan pelayanan yang baik. Upayakan untuk menyapa dan melayani konsumen dengan ramah. Apalagi, gerai Anda baru buka. Jangan sampai calon pembeli malah lari sebelum memesan ramen.

Suasana yang bikin kangen juga bisa membangun dengan menyediakan berbagai varian ramen.  Jadi, pembeli punya alasan untuk kembali ke gerai Anda karena penasaran untuk mencoba varian lain. Sebagai pelengkap, Anda bisa menyediakan aneka minuman segar.

7.      Merancang Pemasaran

Ada banyak strategi pemasaran mie ramen sederhana yang dapat Anda praktikkan. Salah satunya dengan cita rasa yang sedap dan cocok dengan selera konsumen. Sesekali, Anda boleh kok, menanyakan kualitas ramen Anda. Ucapkan terima kasih jika mereka puas.

Anda juga bisa memanfaatkan pertemanan di media sosial dalam menjawab peluang usaha mie ramen di Indonesia. Namun, pastikan dulu cita rasa ramennya sudah mantap. Dengan demikian, pembeli akan puas dan ikut merekomendasikan kepada orang lain.

8.      Menyiapkan Modal Usaha

Meski bukan segalanya, Anda pasti butuh modal untuk membuka usaha mie ramen. Jumlahnya tergantung pada besar kecilnya usaha. Alangkah baiknya jika modal ini sudah terpikirkan sejak awal. Tentu saja setelah ada perhitungan dan analisa usaha.

Modal usaha bisa berasal dari tabungan atau meminjam. Jika asalnya dari pinjaman, pastikan sumbernya jelas, aman, dan tidak merepotkan karena Anda harus mengembalikannya.

Peluang usaha mie ramen di Indonesia terlihat cukup menjanjikan. Demikian penjelasan dari Jari Imaji mengenai cara menjawab peluang tersebut. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis: mfaridct

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang tinggal di Jakarta menyalurkan hobi menulis melalui blog. Blog ini menghidangkan sajian yang mantabs tentang strategi bisnis, karir, Keuangan, entrepreneurship, dan management skills.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.