Inilah Tips Membuat Garasi Mobil Minimalis Samping Rumah

oleh -65 Dilihat
Garasi mobil minimalis samping rumah

Garasi mobil berfungsi untuk menyimpan mobil agar aman dari pencurian dan melindunginya dari kerusakan akibat paparan cuaca. Garasi mobil minimalis samping rumah adalah garasi mobil berdesain minimalis yang letaknya di samping rumah.

Seperti halnya ruangan lain di sebuah rumah, garasi mobil juga membutuhkan sirkulasi udara, sistem pencahayaan, dan pemilihan lantai yang baik. Tips membuat garasi mobil minimalis di samping rumah adalah hal penting yang perlu Anda simak.

Tips Membuat Garasi Mobil Minimalis Samping Rumah

Memiliki rumah kecil dan minimalis bukan halangan untuk membuat garasi, apalagi jika Anda memang memiliki mobil pribadi. Berikut ini beberapa tips dari Jari Imaji yang bisa Anda praktekkan saat membutuhkan garasi minimalis.

1. Menyakinkan Diri tentang Pentingnya Memiliki Garasi Mobil

Ide membuat garasi mobil minimalis menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membuat garasi mobil, tetapi tidak memiliki spasi yang luas. Ide ini bisa juga Anda pilih jika biaya yang ada cukup terbatas.

Dalam kondisi demikian, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan alasan untuk membuat garasi. Contohnya, Anda sering memarkir mobil di gang yang menggunakan untuk lalu lalang banyak orang. Alasan lainnya, tidak ada petugas satpam di kompleks perumahan.

Apapun alasannya, memarkir mobil di gang depan rumah tidak boleh, apalagi jika gang tersebut sempit. Hal tersebut akan mengganggu kenyamanan orang yang tinggal di sekitar rumah Anda. Selain itu juga akan menyulitkan mobilisasi warga saat ada kejadian darurat.

Jadi, Anda akan lebih aman jika memiliki garasi mobil sendiri dan menjadikan garasi tersebut sebagai bagian dari rumah. Garasi mobil minimalis membuat Anda jadi lebih mudah mengontrol mobil dan tidak repot saat akan menggunakannya.

Anda tentu perlu menempatkan garasi mobil pada posisi yang tepat, aman, dan mudah terjangkau, misalnya di samping rumah. Jika dana dan space yang tersedia cukup terbatas, desain minimalis bisa menjadi pilihan.

2. Menyediakan Space sesuai Ukuran Standar Garasi Mobil

Anda dapat membuat garasi rumah minimalis samping rumah yang pas dengan ukuran mobil. Namun, hal ini tentu membuat mobilitas anggota keluarga menjadi tidak leluasa. Apalagi, jika bukaan pintu mobil mengarah keluar. Di samping itu, cat mobil rentan lecet.

Seseorang biasanya memanfaatkan garasi mobil tidak hanya untuk menyimpan mobil, tetapi juga barang-barang dan perlengkapan terkait mobil. Oleh karena itu, Anda seharusnya melebihkan space garasi dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut di atas.

Jadi, Anda bisa menetapkan ukuran garasi sesuai jenis dengan kendaraan. Untuk jenis city car, misalnya,  ukuran lebar garasi sekitar 3 meter dan panjang sekitar 6 meter. Tinggi sekitar 2,5 meter, garasi Anda sudah cukup untuk menyimpan mobil dan perlengkapannya.

3. Memilih Model Garasi Mobil Minimalis Samping Rumah

Memiliki mobil tanpa memiliki garasi, tentu saja akan merepotkan. Karena menjadi bagian dari sebuah rumah, banyak pemilik mobil yang mendesain garasi di rumahnya semenarik mungkin.

Saat ini, model garasi mobil minimalis sering dipilih oleh banyak orang saat mendesain desain rumah yang juga minimalis. Dalam beberapa kondisi, garasi mobil minimalis dapat berfungsi sebagai tempat berkumpul saat ada pertemuan di rumah.

Selain ruangan khusus yang tertutup dan berpintu, Anda bisa membuat garasi mobil yang sedikit terbuka sehingga bisa menghemat biaya. Dengan model ini, mobilitas orang di rumah lebih nyaman. Model ini lebih disarankan jika rumah dilengkapi dengan pagar.

4. Memilih Lantai Garasi yang Tepat

Lantai seringkali luput dari perhatian saat kita mendesain garasi mobil minimalis samping rumah. Padahal, lantai adalah salah satu bagian terpenting yang dapat memengaruhi penampilan garasi dan keselamatan mobil itu sendiri.

Anda perlu mendesain lantai garasi dengan mempertimbangkan beban mobil yang berat, rembesan minyak, tumpahan minyak, rembesan air, dan asap knalpot. Sebelum memilih jenis keramik, pastikan tanahnya sudah benar-benar padat.

Setelah memastikan hal di atas, selanjutnya pilih keramik atau penutup lantai lainnya yang tepat. Pilih yang bahannya memungkinkan air dan oli mudah Anda bersihkan dan cepat meresap ke tanah. Anda sebaiknya memilih jenis keramik yang bertekstur agar tidak licin.

5. Pilih Pintu Garasi Minimalis

Desain bangunan yang minimalis, termasuk garasi mobil, tidak mudah lekang oleh waktu. Dengan demikian, Anda tidak perlu sering-sering mengubah dan merenovasi garasi mobil minimalis samping rumah yang sudah ada.

Anda bisa memilih desain pintu garasi dengan warna plitur kayu jati yang bagus dan juga minimalis. Tujuannya agar tidak jomplang dengan desain rumah dan garasi yang sudah minimalis. Dengan demikian, nilai rumah Anda akan tetap tinggi.

6. Mengoptimalkan Fungsi dan Interior Garasi Mobil

Inti desain minimalis adalah mengurangi hal-hal yang tidak penting. Untuk mengoptimalkan fungsi garasi mobil minimalis samping rumah, Anda bisa mengatur barang-barang yang disimpan di dalamnya. Ketika ada barang masuk, upayakan ada barang yang keluar.

Selain itu, Anda harus dapat menjaga kebersihan dan kerapian garasi. Dengan demikian, kesan minimalis yang sederhana tetap tampak.

Manfaatkan ruang vertikal di dalam garasi untuk menyimpan barang-barang yang terlihat kurang indah. Caranya, antara lain dengan memasang beberapa rak vertikal di garasi atau lemari tinggi dari lantai ke langit-langit.

Pencahayaan tambahan dapat menjadi sentuhan akhir untuk garasi minimalis Anda. Triknya adalah menghindari kemegahan. Cobalah menggunakan lampu LED sederhana yang hemat daya. Tambahkan kipas angin untuk mengeluarkan udara kotor dari dalam garasi.

Agar polusi dari asap mobil tidak masuk ke dalam rumah, Anda dapat menutup langit-langit yang terbuka. Dengan cara ini, udara di dalam rumah bisa terasa tetap segar meskipun mobil sedang menyala.

Demikian tips membuat garasi mobil minimalis samping rumah. Kini rumah modern minimalis maupun rumah joglo modern tampak depan lebih terlihat estetik dengan desain garasi minimalis. Anda bisa mempraktekkannya ketika membutuhkan garasi mobil, tetapi anggaran dan lahan terbatas. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis: mfaridct

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang tinggal di Jakarta menyalurkan hobi menulis melalui blog. Blog ini menghidangkan sajian yang mantabs tentang strategi bisnis, karir, Keuangan, entrepreneurship, dan management skills.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.