Inspirasi Desain Rumah Joglo Modern Tampak Depan yang Kekinian

oleh -57 Dilihat
rumah joglo modern tampak depan

Saat ini sudah banyak orang yang mencoba untuk memadukan konsep rumah joglo dengan sentuhan modern. Biasanya, desain rumah joglo modern tampak depan memiliki paduan unsur tradisional dengan daya tarik yang kuat.

Perpaduan antara rumah tradisional dengan rumah modern menghadirkan kombinasi yang unik pada sebuah rumah. Oleh karena itu, sudah tidak heran kalau banyak hunian modern yang memadukan atap joglo di kediaman sehari-hari.

Mengenal Rumah Joglo

Pertama, rumah joglo merupakan rumah adat tradisional Jawa yang terdiri dari 4 tiang utama. Yaitu, terdiri dari dua bagian berupa rumah induk dan rumah tambahan. Penamaan joglo ini sendiri menggambarkan bentuk atapnya yang menjulang.

Tahukah Anda? Joglo merupakan singkatan kata Tajug dan Loro. Karena, kepercayaan Jawa kuno menganggap gunung tempat tinggal para dewa. Jadi memiliki pengaruh besar terhadap desain rumah joglo.

Empat tiang penyangga terkenal dengan istilah Soko Guru. Hal tersebut melambangkan arah mata angin yaitu utara, selata, timur, dan barat. Orang percaya bahwa hal itu bisa memberikan perlindungan dari segala macam bencana dan simbol rasa syukur kepada Tuhan.

Inspirasi Desain Rumah Joglo Modern Tampak Depan

Rumah joglo memiliki kelebihan yang tidak model lain miliki, yaitu kemewahan desain yang tampil dengan dominasi material kayu yang kuat. Selain itu, desain rumah joglo juga identik dengan tanah yang luas.

Apabila Anda berencana ingin membuat rumah dengan gaya joglo, namun tetap dengan desain yang terlihat lebih modern. Berikut ada beberapa inspirasi desain dari Jari Imaji yang kemungkinan bisa jadi referensi:

1.        Rumah Joglo dengan Kaca Besar

Rumah joglo dengan kaca yang berukuran besar bisa menghadirkan pencahayaan yang baik di dalam rumah. Supaya seluruh bagian rumah terlihat bagus terutama bagian depannya, gunakan material yang kuat untuk menahan berbagai kemungkinan.

Kaca besar yang terpasang pada bagian depan memberikan kesan alami yang membuat sisi kenyamanan semakin menjadi-jadi. Rumah joglo modern tampak depan menggunakan kaca besar akan memberikan kenyamanan sendiri.

2.        Rumah Joglo Modern Klasik

Untuk menghadirkan konsep rumah yang unik dan menarik sebagai hunian Anda, rumah joglo dengan kombinasi modern klasik bisa menjadi pilihan. Bentuk rumah yang tidak terlalu besar, sangat compact dengan rumah masa kini.

Pilihan warna plitur kayu jati yang bagus pada bagian depan rumah memiliki karakter yang mengkilap. Hal tersebut mempertegas sisi modern pada desain rumah joglo ini, apalagi ada lampu penerang yang letaknya strategis hingga menciptakan kesan mewah.

3.        Rumah Joglo Tumpang Ukir

Rumah joglo modern tampak depan juga bisa menggunakan desain tumpang ukir. Tumpang joglo menjadi salah satu bagian dari struktur atap rumah joglo. Saat ini, sudah banyak ukiran-ukiran artistik yang teraplikasikan pada rumah joglo modern.

Ukiran-ukiran artistik tersebut memberikan kesan joglo yang ke jawa-jawaan pada setiap rumah terutama bagian depan. Tentu saja hal ini membuat rumah joglo modern terlihat lebih artistik.

4.        Rumah Joglo Modern Tampak Depan dengan Sentuhan Jepang

Rumah joglo yang ada desain sentuhan Jepang membuatnya tampak minimalis modern pada bagian depan. Terlihat pada tampak depan rumah mencerminkan perpaduan budaya antara dua negara.

Beri dekorasi berupa lampu klasik khas Jepang dengan bentuk kotak sederhana. Tambahkan kolam berisi ikan koi di sekitar rumah, ini akan membuat suasana Jepang terasa lebih kentara pada rumah joglo Anda.

5.      Rumah Joglo dengan Unsur Tropis

Rumah joglo modern tampak depan yang unik bisa menggunakan desain dengan atap unsur tropis. Desain rumah joglo modern seperti ini banyak Anda jumpai di daerah liburan, seperti Bali.

Desain atap dengan unsur tropis memberikan kesan tradisional yang memukau secara instan. Hunian seperti ini semakin terasa spesial karena unsur tradisi yang penuh kehangatan.

6.        Rumah Joglo Modern dengan Batu Alam

Desain rumah joglo modern minimalis dengan batu alam memiliki tampilan yang seimbang dan estetik. Tampak depannya memiliki bentuk atap khas joglo sebagai focal point. Tampilan seimbang dengan material batu alam pada dinding bangunan.

Bagian depan rumah akan semakin manis dengan adanya taman kecil bergaya minimalis. Taman kecil tersebut akan menciptakan kesan asri pada rumah joglo modern minimalis.

7.        Rumah Joglo Open Roof

Melihat modelnya, rumah joglo modern dengan model open roof, memberikan kesan yang identik dengan ciri khas rumah joglo. Hanya saja banyak modifikasi, seperti penggunaan kaca fiber pada atapnya, lalu dipadukan dengan material kayu.

8.        Rumah Joglo Nuansa Asri

Rumah joglo dengan nuansa asri ini membuat tampilan depan rumah lebih  asri dengan tanaman dan lebih modern. Nah, bagian atapnya berwarna hitam yang berpadu dengan ruang pertemuan yang terdapat kursi dan meja.

Tampilan rumah akan semakin cantik dengan pemberian lampu-lampu kecil yang cantik dengan pencahayaan kekuningan. Sehingga, semakin menawan dengan taman yang penuh tanaman cantik dan indah.

Bagian depan rumah menjadi kunci dari keseluruhan penampilan yang sukses memikat semua orang. Apalagi, rumah joglo nuansa asri semakin cantik dengan aksen dekorasi bergaya modern seperti lantai keramik di pendapa dan bagian luar sebagai tempat bersantai. Menjadikan rumah joglo ini cocok untuk dijadikan sebagai rumah peristirahatan di luar kota.

9.        Rumah Joglo Model Transisi Modern dan Tradisional

Saat ini semakin banyak yang mengusung desain rumah joglo modern tampak depan yang cantik dan mewah. Banyak rumah joglo yang eksis dengan model transisi antara modern dan tradisional.

Penerapan model  ini bisa dengan mudah dikombinasikan dengan bahan, seperti pilar kayu, batu alam, dinging konkrit dengan cat berwarna alam.  Semuanya akan menjadi perpaduan yang semakin klop.

Bagian atap joglo ganda membuat rumah tampak mewah dan memiliki karakter tersendiri. Model atap ganda sangat cocok untuk Anda yang memang suka dengan tradisi lokal Jawa.

10.   Rumah Joglo dengan Teras Klasik Tradisional

Konsep ini cocok untuk rumah yang memiliki teras yang luas dan besar. Gunakan ornamen kayu pada bagian tiang dan furniture. Akan tetapi, menggunakan keramik motif klasik pada lantai. Ini akan membuat suasana modern klasiknya lebih terasa.

Buat terasnya terpisah dengan rumah, supaya bisa menyambut tamu dengan lebih nyaman dan leluasa. Gunakan juga lampu kuning untuk menambah kesan klasik tradisional.

Bagian luar teras bisa dikombinasikan dengan jalan yang terbuat dari batu koral. Hal ini akan memberikan nuansa modern yang unik pada rumah joglo.

Demikianlah, beberapa inspirasi desain rumah joglo modern tampak depan yang akan memberikan tampilan cantik dan mewah.  Selain itu, jangan lupa memberikan dekorasi dan interior rumah yang sesuai.

Tentang Penulis: mfaridct

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang tinggal di Jakarta menyalurkan hobi menulis melalui blog. Blog ini menghidangkan sajian yang mantabs tentang strategi bisnis, karir, Keuangan, entrepreneurship, dan management skills.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.