Tips Ampuh untuk Meningkatkan Peluang Diterima saat Melamar Kerja

oleh -396 Dilihat
oleh
Tips Ampuh Diterima saat Melamar Kerja
Tips Ampuh Diterima saat Melamar Kerja

Melamar kerja membutuhkan persiapan yang matang dan pula rencana strategi yang tepat agar peluang diterima kerja di perusahaan yang dituju meningkat. Berikut ini adalah tips ampuh peluang diterima kerja:

Buat CV dan portofolio yang menarik

CV dan portofolio adalah dua dokumen sangat penting untuk penilaian awal para pemberi kerja. Pastikan dokumen tentunya mudah dibaca sehingga ampuh untuk menarik penerima kerja memanggil kamu untuk proses selanjutnya, selain itu CV harus memberikan gambaran yang jelas tentang kamu baik itu dari segi pengalaman, keterampilan, dan pencapaianmu.

Siapkan diri dengan baik untuk wawancara kerja

Wawancara kerja adalah kesempatan kamu untuk memberikan kesan yang baik dan positif pada para pemberi kerja. Persiapkan diri baik itu mental dan pisik dengan baik, cari informasi mengenai perusahaan yang dilamar, latih kemampuan komunikasi dan interpersonal, serta jangan lupa untuk melatih menjawab pertanyaan wawancara kerja.

Gunakan media sosial untuk personal branding

Gunakan media sosial untuk membangun personal branding sehingga dapat menunjukkan keterampilanmu kepada perusahaan yang dituju. salah satu contoh media social yang bisa digunakan adalah LinkedIn atau Instagram untuk memperlihatkan karya, pengalaman, dan kepribadianmu.

Jaringan sosial dan hubungan interpersonal

Dengan meningkat nya jaringan sosial dan interpersonal kamu, maka dapat meningkatkan peluang kerja yang sesuai dengan keinginan kamu. Terlibatlah aktif dalam kegiatan sosial atau suatu komunitas yang sejalan dengan minat dan bakatmu, serta jalin hubungan dengan orang-orang yang memiliki pengalaman atau posisi yang kamu inginkan.

Lakukan riset tentang perusahaan

Sebelum mengirimkan lamaran kerja, pastikan untuk melakukan riset mengenai perusahaan yang di targetkan. Cari tahu dan pelajari  sejarah, visi serta misi, produk atau layanan, serta budaya kerja perusahaan tersebut. Hal ini akan membantu kamu saat kamu interview dengan para pemberi kerja.

Bersiap untuk tes seleksi kerja

Siapkan diri pisik dan mental untuk mengikuti tes tentunya dengan mempelajari jenis ujian dan latihan berkala agar mudah dalam menjalaninya.

Dengan menjalankan tips di atas, semoga peluang kamu agar diterima di perusahaan impian akan meningkat. Selalu perhatikan prinsip utama  dalam melamar kerja seperti profesionalisme, integritas, dan kesesuaian antara diri dan perusahaan. Semoga sukses !

baca juga :Begini Loh Cara Meningkatkan Personal Branding

Image by jcomp on Freepik

Tentang Penulis: Miftah

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang tinggal di Jakarta menyalurkan hobi menulis melalui blog. Blog ini menghidangkan sajian yang mantabs tentang strategi bisnis, karir, Keuangan, entrepreneurship, dan management skills.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *