Cara Menjawab Pertanyaan Sulit saat Wawancara Kerja

oleh -219 Dilihat
oleh
Menjawab Pertanyaan Sulit saat Wawancara Kerja
Menjawab Pertanyaan Sulit saat Wawancara Kerja

jariimaji.com – Wawancara kerja menjadi sangat menentukan untuk diterima atau tidaknya seorang pelamar. Salah satu bagian dari wawancara kerja yang paling menantang adalah saat Anda dihadapkan dengan pertanyaan sulit atau tidak terduga dari pewawancara. Berikut adalah beberapa tips untuk menjawab pertanyaan sulit saat wawancara kerja:

Tenang dan jangan panik

Saat kita menghadapi pertanyaan sulit saat wawancara kerja, jangan panik berusahalah tetap tenang. cobalah untuk mengalihkan fokus ke nafas dan bernapas dalam-dalam, hal ini bisa membantu menenangkan pikiran.

Dengarkan pertanyaan dengan seksama

Fokus dalam mendengarkan pertanyaan dengan seksama, hal ini sangat penting sebelum menjawab. Pastikan juga Anda memahami dengan baik pertanyaan supaya dapat memberikan jawaban yang relevan dan tepat sasaran.

Karena bila Anda tidak menjawab dengan baik pertanyaan yang diajukan apalagi sampai tidak relevan dengan yang diajukan oleh pewawancara, maka tentunya peluang Anda untuk lolos tes ini akan hilang.

Minta klarifikasi bila kurang jelas

Jika Anda merasa bingung atau kurang memahami dengan isi pertanyaan yang diajukan, jangan ragu untuk meminta klarifikasi dengan cara menanyakan ulang pertanyaan yang diajukan.

Meminta pertanyaan untuk diulang tidak akan mengakibatkan nilai Anda berkurang, namun justru akan meningkatkan peluang di mana Anda sangat ingin menjawab pertanyaan dengan baik. Pewawancara juga akan lebih menghargai kejujuran dan ketulusan Anda.

Beri jawaban yang jujur dan relevan

Jangan memberikan jawaban yang tidak jujur atau berlebihan mengenai kemampuan dan kualifikasi Anda. Jawab dengan jawaban yang relevan dengan pertanyaan yang diajukan dan fokus pada keterampilan dan pengalaman yang pernah di dapatkan.

Berikan contoh konkret

Salah satu cara agar dapat memberikan gambaran yang lebih jelas kepada pewawancara yaitu dengan memberikan contoh konkret dari pengalaman kerja sebelumnya

Jelaskan prestasi yang pernah Anda dapatkan. Hal ini dilakukan apabila Anda tidak memiliki pengalaman kerja, selain itu hal ini juga dapat membantu memperkuat jawaban Anda.

Jangan lupa untuk berterima kasih

Sopan santun dan akhlak dalam sesi wawancara harus kita tunjukan di mana salah satu caranya adalah dengan mengucapkan terima kasih.

Ucapan terima kasih dapat kita sampaikan baik sebelum maupun setelah wawancara, selain sopan santun, tindakan ini dapat memberikan kesan positif.

Ingatlah bahwa menjawab pertanyaan sulit saat wawancara kerja bisa menjadi tantangan yang cukup menyulitkan, namun dengan persiapan yang cukup dan juga sikap yang tepat, Anda dapat menghadapinya dengan percaya diri.

Satu hal pula, saat di akhir dari sesi wawancara, buatlah sebuah kesan yang positif kepada pewawancara.

Image by Gino Crescoli from Pixabay

baca juga Tips Melamar Kerja Lewat Email agar segera dipanggil HRD

Tentang Penulis: Miftah

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang tinggal di Jakarta menyalurkan hobi menulis melalui blog. Blog ini menghidangkan sajian yang mantabs tentang strategi bisnis, karir, Keuangan, entrepreneurship, dan management skills.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *