Begini Loh Cara Meningkatkan Personal Branding

oleh -312 Dilihat
oleh
Cara Meningkatkan Personal Branding
Cara Meningkatkan Personal Branding

Jariimaji.com – Personal branding dapat menjadi salah satu faktor penting dalam melamar pekerjaan, karena dapat membantu Anda membedakan diri Anda dari kandidat lain dan menarik perhatian perusahaan yang sedang mencari calon yang tepat. Berikut adalah beberapa tips atau cara untuk meningkatkan personal branding Anda dalam rangka melamar kerja:

Buat profil LinkedIn yang menarik

LinkedIn adalah sebuah platform yang sangat populer di kalangan profesional maupun perusahaan. Pastikan profil LinkedIn Anda terlihat profesional. Diantara nya tips untuk lebih terlihat menarik yaitu :

  • Menggunakan foto profil yang baik,
  • Headline yang menarik,
  • dan ringkasan profil yang singkat namun padat.

Bangun kehadiran online Anda

Diantara cara untuk meningkatkan personal branding dengan membuat  blog atau situs web, dan terus berinteraksi di media sosial. Pastikan konten yang Anda bagikan relevan dengan bidang yang ingin Anda tekuni.

Tunjukkan keahlian Anda

Banyak memberikan kontribusi pada komunitas online di bidang yang Anda minati, seperti di facebook, tweeter, dan sosial media lainnya. Contohnya bila Anda tertarik pada kegiatan desain grafis, maka ikuti forum desain dan berikan pendapat atau saran yang bernilai untuk membangun komunitas tersebut.

Berikan kesan positif dalam interaksi dengan orang lain

Jadikan sikap sopan dan responsif saat berinteraksi dengan orang lain adalah suatu hal yang biasa dilakukan sehari – hari, baik itu di media sosial maupun dalam kegiatan harian. Hal ini dapat meningkatkan reputasi Anda sebagai individu yang profesional dan dapat dipercaya.

Jaga konsistensi personal branding Anda

Pastikan pesan yang ingin Anda sampaikan dan citra yang ingin Anda bangun konsisten di setiap platform media sosial yang Anda gunakan.

Tunjukkan kepribadian Anda

Selain menunjukkan keahlian, hal lain yang juga penting adalah untuk menunjukkan kepribadian Anda. Ini dapat membantu perusahaan mencari tahu siapa Anda menilai apakah kepribadian Anda cocok dengan budaya perusahaan. Contohnya, jika Anda hobby olahraga dan ingin bekerja di perusahaan yang memiliki budaya  kesehatan dan kebugaran, tunjukkan hal-hal seperti itu di profil media sosial Anda.

Dapatkan rekomendasi

Minta rekomendasi dari bekas atasan atau teman kerja yang dapat membantu memvalidasi keahlian Anda. Rekomendasi ini dapat ditempatkan di profil LinkedIn atau situs web Anda. Rekomendasi dari orang lain dapat membantu memperkuat personal branding Anda dan memberikan kesan positif pada perusahaan yang melihat profil Anda.

Ikuti acara atau seminar

Mengikuti seminar yang terkait dengan bidang yang Anda minati. Hal ini selain dapat memperdalam pengetahuan Anda, kegiatan ini juga dapat memperluas jaringan dan bertemu dengan orang-orang di industri yang sama.

Perbarui profil Anda secara teratur

Perbarui terus profil secara konsisten dengan informasi terbaru dan tentunya prestasi terbaru. Kegiatan ini dapat membantu menjaga profil Anda tetap segar dan relevan.

Jangan lupa untuk tetap jujur dan autentik

Yang harus Anda benar lakukan adalah bahwa personal branding bukan untuk menciptakan citra yang palsu. Namun personal branding yang kuat dibangun di atas kejujuran dan autentisitas. Pastikan pesan yang ingin disampaikan dan citra yang ingin Anda tampilkan sesuai dengan kepribadian dan keterampilan yang sebenarnya.

Gunakan kata kunci yang relevan

Pastikan menggunakan kata kunci yang relevan dengan bidang pekerjaan yang ingin Anda tekuni di profil LinkedIn atau situs web Anda. Hal ini dapat membantu perusahaan menemukan profil Anda saat mereka melakukan pencarian calon karyawan.

Buat portofolio online

Jika bidang pekerjaan yang dilamar memerlukan bukti karya atau portofolio, siapkanlah portofolio online yang dapat diakses dengan mudah. Hal ini dapat menunjukkan keterampilan Anda secara visual dan tentunya membantu perusahaan memutuskan layak atau tidak nya Anda dengan pekerjaan tersebut.

Jaga reputasi online Anda

Pastikan konten yang dibagikan atau yang terkait dengan Anda secara online tidak merusak reputasi Anda. Karena kemungkinan perusahaan untuk melakukan pengecekan latar belakang online sebelum memutuskan merekrut karyawan baru untuk saat ini sangat lah mungkin.

baca juga : Penting nya Wawancara Kerja dan Pertanyaan yang Sering Diajukan

Buat konten yang bermanfaat

Buat konten yang bermanfaat dan relevan dengan bidang yang ingin Anda tekuni, seperti artikel blog atau video tutorial. Konten ini dapat membantu memperkuat personal branding Anda sebagai ahli di bidang tersebut dan meningkatkan visibilitas profil Anda secara online.

Jaga reputasi financial Anda

Pastikan Anda tidak memiliki laporan pinjaman yang buruk. khusus di industri keuangan hal ini berdampak sangat tinggi untuk diterima nya anda di perusahaan.

Dalam kesimpulannya, meningkatkan personal branding dapat memakan waktu dan usaha, tetapi dapat membantu membedakan diri Anda dari kandidat lain dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Teruslah berusaha dan jangan lupa untuk mempertahankan konsistensi dan autentisitas dalam citra dan pesan yang ingin Anda sampaikan.

baca juga : Ini Loh Ternyata Tren dan Teknik Melamar Kerja Terbaru

Photo by Anna Nekrashevich

Tentang Penulis: Miftah

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang tinggal di Jakarta menyalurkan hobi menulis melalui blog. Blog ini menghidangkan sajian yang mantabs tentang strategi bisnis, karir, Keuangan, entrepreneurship, dan management skills.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *