Ini Loh Ternyata Tren dan Teknik Melamar Kerja Terbaru

oleh -223 Dilihat
oleh
Mengetahui Tren dan Teknik Melamar Kerja Terbaru
Mengetahui Tren dan Teknik Melamar Kerja Terbaru

Jariimaji.com – Melamar pekerjaan adalah suatu proses yang sangat menantang, terutama ketika persaingan semakin ketat. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui tren dan teknik terbaru bagaimana cara melamar kerja sehingga dapat bersaing dan meningkatkan peluang diterima kerja. Berikut adalah beberapa tren dan teknik melamar kerja terbaru:

Personal branding

Agar lebih meningkatkan personal branding, hal yang dilakukan yaitu buatlah brand pribadi kamu melalui media sosial atau website pribadi untuk menunjukkan kepribadian dan keterampilanmu kepada perusahaan yang dituju.

Video resume

Selain menggunakan CV dan surat lamaran, kamu juga dapat membuat video resume yang menarik dan kreatif untuk memperkenalkan dirimu dan pengalaman kerja.

Interview via video conference

Banyak perusahaan kini menggunakan video conference seperti Zoom atau Skype untuk melakukan wawancara kerja. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah siap dan mempersiapkan teknologi dan ruangan yang tepat untuk menghadapi wawancara secara online.

baca juga : Penting nya Wawancara Kerja dan Pertanyaan yang Sering Diajukan

Artificial Intelligence (AI) dalam seleksi

Beberapa perusahaan menggunakan teknologi AI dalam seleksi kerja untuk menilai kemampuan dan keterampilanmu. Oleh karena itu, pastikan CV dan portofolio mu diperbarui dan memiliki kata kunci yang sesuai dengan kualifikasi yang dicari.

Networking

Jaringan sosial atau personal branding kini menjadi lebih penting dalam mencari pekerjaan. Jaringan sosial dapat membantumu untuk menemukan informasi lowongan kerja yang terbaru dan membuka peluang untuk bekerja di perusahaan impianmu.

Skill-based hiring

Beberapa perusahaan lebih memilih melihat kemampuan dan keterampilanmu dibandingkan gelar pendidikan atau pengalaman kerja. Oleh karena itu, pastikan kamu menampilkan keterampilan yang kamu miliki dalam CV dan portofoliomu.

Remote work

Banyak perusahaan yang menawarkan pekerjaan secara remote atau bekerja dari jarak jauh. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah memahami tuntutan dan tantangan dalam pekerjaan remote dan menunjukkan kemampuanmu dalam bekerja secara mandiri.

Itulah beberapa tren dan teknik terbaru dalam melamar kerja yang perlu kamu perhatikan. Namun, yang terpenting adalah tetap memperhatikan prinsip-prinsip dasar dalam melamar kerja, seperti profesionalisme, integritas, dan kesesuaian antara diri dan perusahaan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan.

baca juga : Curriculum Vitae dan Tips membuat CV yang baik

Photo by Sora Shimazaki

Tentang Penulis: Miftah

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang tinggal di Jakarta menyalurkan hobi menulis melalui blog. Blog ini menghidangkan sajian yang mantabs tentang strategi bisnis, karir, Keuangan, entrepreneurship, dan management skills.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *