Strategi Sukses Melamar Kerja Tanpa Pengalaman Kerja

oleh -875 Dilihat
oleh
Melamar Kerja Tanpa Pengalaman Kerja
Melamar Kerja Tanpa Pengalaman Kerja

Melamar kerja tanpa pengalaman kerja mungkin terasa sulit, hal ini biasa terjadi pada kamu yang baru lulus sekolah atau dari universitas, namun bukan berarti tidak memiliki kesempatan. Oleh karena itu berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantumu sukses melamar kerja tanpa pengalaman kerja:

Fokus pada pendidikan dan keterampilan

Fokus pada pendidikan dan keterampilan yang dimiliki, Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu menceritakan pengalaman yang relevan, seperti :

  • Mengikuti organisasi kemahasiswaan,
  • Menceritakan pencapaian yang di raih di penulisan skripsi, seperti mendapat nilai A, Skripsi dapat diterapkan di kampus, atau ada perusahaan yang menggunakan.
  • Jika kamu memiliki sertifikasi training yang berhubungan dengan posisi yang di lamar juga jangan ragu untuk mencantumkannya di CV dan surat lamaran kerjamu.

Gunakan jaringan dan referensi

Manfaatkan jaringan dan referensi yang kalian miliki untuk memperluas kesempatan, salah satunya menanyakan kepada teman, keluarga dan dosen, apakah ada informasi lowongan pekerjaan atau apakah dapat memberikan rekomendasi.

Melamar posisi entry-level

Hal lain yaitu jangan ragu untuk melamar posisi entry-level atau level pemula, walaupun menurut penilaian pribadi kita bisa mendapatkan posisi yang lebih baik.

Hal Ini dapat memberikanmu pengalaman kerja pertama dan peluang untuk belajar lebih banyak tentang industri atau bidang pekerjaan yang diinginkan.

Buat portofolio yang menarik

Membuat portofolio yang menarik untuk menunjukkan kelebihan, keterampilan dan kemampuan kita dalam bidang yang diinginkan. Portofolio dapat melingkupi proyek-proyek yang telah kamu selesaikan, artikel atau karya tulis, atau desain grafis.

Saat ini sudah zaman digital, kamu dapat membuat portofolio kamu di blog atau media sosial.

Belajar dan beradaptasi

Jangan takut atau minder untuk belajar dan beradaptasi saat bekerja di perusahaan baru. Tunjukkan tekat dan kemauanmu untuk belajar dan terbuka untuk mendapatkan umpan balik dari rekan kerja atau atasan.

Dengan mengikuti strategi ini, semoga kamu dapat meningkatkan peluang sukses melamar kerja walaupun sama sekali tanpa pengalaman kerja.

Patut di ingat untuk selalu percaya diri dan terus mencari peluang untuk belajar dan berkembang.

baca juga Tips Ampuh untuk Meningkatkan Peluang Diterima saat Melamar Kerja

Image by pressfoto on Freepik

Tentang Penulis: Miftah

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang tinggal di Jakarta menyalurkan hobi menulis melalui blog. Blog ini menghidangkan sajian yang mantabs tentang strategi bisnis, karir, Keuangan, entrepreneurship, dan management skills.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *