Digunakan untuk apa saja Uang Mu (Bag 1)???

Digunakan untuk Uang Mu ???

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wa Barokatuh,

Sebelum nya dalam artikel berjudul “Pengen punya motor baru setiap 3 tahun dan punya tabungan, bisakah ???“, kita hanya bahas cara untuk memiliki motor baru, nah untuk tulisan kali ini kita coba untuk membahas hal yang lebih luas lagi yaitu digunakan untuk apa uang Mu ???

Dalam tulisan ini mimin ingin membantu membahas dan memberikan insight dari pengalaman mimin yang setengah gagal dan ingin berbagi bagaimana mengelola keuangan sehingga tidak ada lagi yang gagal atau setengah gagal lagi kedepannya.. 🙂

Mimin akan membantu menghitungkan dan membuat plan keuangan kalian agar dapat menikmati hal  yang diinginkan namun tidak harus berhutang atau akhirnya mengorbankan  rencana lain yang tidak dapat dilaksanakan karena uang nya telah habis.

Tentunya kita ingin melakukan banyak hal dengan penghasilan kita, seperti ingin mencoba makanan yang sedang viral, ingin traveling baik itu tujuan domestik maupun international, beli rumah, menikah, atau hal lainnya, yang jadi pertanyaan itu apakah semua itu bisa dilakukan dengan penghasilan kita saat ini dan bagaimana cara nya ?

Contoh perhitungan ini mimin khusus buat untuk para new fresh graduates yang bekerja di Jakarta namun tinggal di pinggirannya :), namun tidak menutup juga loh untuk di daerah lain, tinggal di sesuaikan kan saja angkanya.

okay lets go to inti pembahasan.

  • Atur Pengeluaran

Contoh gajih bersih kalian adalah Rp. 3.400.000, terus gimana ?,

Begini caranya, buat table pengeluaran yang pasti kita keluarkan, contoh nya dibawah ini Bro and Sista, tapi ingat ya tergantung aktivitas kalian.

Table 1 Pengeluaran - Digunakan Untuk Apa Uang Mu ???

Dari data diatas di total pengeluarannya adalah 60% dari pemasukan kita, dan kita bisa save sebesar 40%, wow ini angka yang cukup lumayan.

“Tips, bila setelah kita catat planing kita dan ternyata pengeluaran kita lebih dari 80% atau sampai 100%, so maaf sobat, saran untuk menekan biaya atau cari pekerjaan lain”

Ini point utama yang harus kita atur agar sukses mengatur keuangan kita, why ?

Bro and sista, duit masuk ga bisa kita atur tapi duit keluar bisa kita atur, itu kunci nya, so bijaksanalah dalam pengeluaran.

Menurut pengalaman pribadi, total simpanan perbulan yang aman adalah 30% dari pemasukan bulanan, so masih ada 10% lagi yang bisa dinikmati yaitu sebesar Rp. 300.000. cucok buat weekend seperti beli peralatan hoby, traktir teman atau sedekah.

Bila pengeluaran kita lebih dari angka diatas so ada baiknya di lihat lagi list nya, apakah masih ada yang bisa di eliminasi.

Untuk simpanan kita tidak kita kutak – katik, ada baiknya simpan langsung 30% tersebut ke rekening bank terpisah dihari kita gajian dan lupakan, simpan ATM nya dirumah jangan dibawa – bawa.

Nah semoga tulisan kali ini bermanfaat.

Sampai jumpa untuk bagian ke dua nya

Leave a Reply