Digunakan untuk apa saja Uang Mu (Bag 2) – Kebutuhan Primer, sekunder atau tersier)???

Digunakan untuk apa saja uang mu ???
Digunakan untuk apa saja uang mu ???

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wa Barokatuh,

Ditulisan kali ini mimin akan menjelaskkan mengenai Kebutuhan Primer, sekunder atau tersier. Namun mimin sebelumnya ingin meminta maaf, pada tulisan sebelumnya lupa bersyukur pada Alloh Subhanahu Wata’ala atas rizki yang kita terima dan tentunya bagaiamana pun cara kita mengelola keuangan kita tentunya semua tersebut atas kehendak dari Alloh Subhanahu Wata’ala apakah kita bisa mengelola rizki tersebut atau tidak atau mungkin kita diberikan ujian sehingga banyak pengeluaran yang harus dilakukan.

Alloh Subhanahu Wata’ala lebih mengetahui tentang takdir rizki kita, hanya saja disini mimin ingin memberikan insight mengenai tata kelola keuangan yang didapat dari pengalaman pribadi, tidak ada

So di tulisan kali ini kita akan bahas mengenai jenis kebutuhan manusia. Kenapa topic ini menjadi penting, sebab di era sekarang ini sudah banyak orang yang sudah tidak paham mana kebutuhan utama dan mana yang hanya nafsu untuk kesenangan saja.

Sepertinya hal ini sudah pernah dipelajari sewaktu kita SD, namun alangkah baiknya kita mereview kembali ke kehidupan kita.

Kebutuhan primer

Kebutuah promer adalah kebutuhan dasar manusia, ini merupakan kebutuhan paling basic yang harus dimiliki.

Apabila kebutuhan ini tidak dapat dipenuhi maka sudah pasti akan sulit untuk menjalani kehidupan selanjutnya. Secara umum kebutuhan primer digolongkan menjadi :

  • Sandang, ini merupakan kebutuhan dalam bentuk pakaian, secara primer nya untuk menutupi aurat kita,.
  • Pangan, ini kebutuhan makanan kita, tentunya kita tidak bisa hidup tanpa makan bukan, utamakan nilai gizinya bukan soal rasa.
  • Papan, kalo ini adalah tempat tinggal kita, tanpa tempat tinggal yang akan melindungi kita dari hujan dan panas, tentunya membuat kita tidak nyaman.

Kebutuhan sekunder

Nah ini adalah kebutuhan nomor dua kita sebagai manusia, so bila kita bisa menabung dari pengeluaran primer maka kita bisa membeli kebutuhan ini. Ingat ini sifat nya tidak wajib, kalo ada lebih aja dari pengeluran ini baru kita penuhi.

Contoh kebutuhan sekunder adalah TV, Radio, Kulkas, telp dan lainnya untuk mendukung kehidupan kita.

Kebutuhan tersier

Nah ini nih, ini adalah kebutuhan dimana kalo kebutuhan ini kita penuhi maka akan meningkatkan derajat kita di kehidupan social.

Contoh kebutuah ini adalah :

  • Pakaian Mahal ( Branded)
  • Telp ( Smartphone ) yang mahal
  • Mobil Mewah
  • Berwisata ke luar negri.
  • Nongkrong di kafe
  • Barang branded
  • Rumah dengan Fasilitas wah dan lainnya

Nah dapat dilihat bahwa kebutuhan primer dan sekunder kita bisa menjadi tersier bila kita berlebih – lebihan dalam membeli dua kebutuhan tersebut.

So bijaklah dalam membeli kebutuhan kita, bagi lah kedalam kategori dan berfikirlah untuk melengkapi kebutuhan primer kita terlebih dahulu, baru menanjak untuk kebutuhan lainnya.

Semoga tulisan kali ini dapat membantu dan merefreh ingatan kita dalam mengelurkan penghasilan untuk kebutuhan kita agar impian kita yang lainnya dapat tercapai.

Leave a Reply