Investasi

Vanili, Emas Hijau Indonesia

Table Investasi

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wa Barokatuh,

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya mengenai “Prospek Investasi Tanah di Indonesia” dimana negara kita diberikan keberkahan yang luar biasa oleh Alloh Subhanahu Wata’ala yaitu tanah yang sangat subur, maka mimin ingin melanjutkan nya dengan tulisan ini yaitu investasi Vanili, Emas Hijau Indonesia.

Dikutip dari Liputan6.com, dimana produk Vanili Indonesia adalah produk yang paling berkualitas, bahkan mengalahkan negara asalnya Meksiko dengan nama daerah Panili atau Perneli.

Di tahun 2016 harga Vanili segar sekitar Rp. 250 ribu / kg, namun setahun kemudian harga nya meroket, naik lebih dari 100% yaitu Rp. 400 – Rp. 500 ribu dan ditahun ini kisaran nya mencapai kisaran Rp. 6 juta / kg dikutip dari Trubus “” suatu harga yang fantastis bukan.

Berapa lama panen vanili ?, dikutip dari Trubus,com, tanaman tersebut mulai menghasilkan diusia 3 (tiga) tahun dan puncaknya pada tahun ke 6 (enam) dan akan terus menurun hingga tahun ke 10 (sepuluh), di usia tersebut tanaman tersebut sudah tidak productive lagi dan harus di tanam ulang. Namun jangan khawatir dikutip dari pertanianku.com, harga vanili akan terus meningkat hingga tahun 2028.

Saat ini mulai banyak penjualan perkebunan untuk investasi Vanili, kisaran harga nya pun cukup murah. Kareem property misalnya, untuk 100 m2 dengan 112 pohon vanili hanya dihargai Rp. 38 juta rupiah, suatu angka yang cukup murah bukan.

Semoga Alloh Subhanahu Wata’ala terus memberikan keberkahan pada negri ini dan dijauhkan dari investasi riba dan semoga para petani di Indonesia lebih makmur, Aamiin.

Wassalamualaikum  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *