BisnisDasar Bisnis

5 Resiko Yang Timbul Saat Kita Memulai Usaha

6 Resiko Yang Timbul Saat Kita Memulai Usaha

Assalamu’alaikum Wa Rohmatullohi Wa Barokatuh,

Memiliki usaha yang besar dan berkembang adalah dambaan setiap pengusaha, namun hal tersebut tidak lah mudah, banyak proses yang harus dilalui, pengalaman pahit adalah modal yang sangat penting untuk meningkatkan mental dan juga strategi untuk mempertahankan usaha.

Setiap langkah atau keputusam yang diambil dalam membuat usaha hampir pasti memiliki resiko, resiko tersebut bukanlah hal yang membua keut dalam berusaha, melainkan membuat kita harus tertantang untuk mencari solusi dan menyelesaikannya.

Oleh karena itu pada tulisan ini mimin akan membahas resiko apa aja yang timbul saat kita memulai usaha, namun diingat, setiap jenis usaha memiliki resiko yang berbeda atau pun sama, namun nilainya yang berbeda.

Pada tulisan ini mimin akan membahas nya secara general, namun tidak menutup kemungkinan akan lebih mendalam pada tulisan selanjutnya. Ada beberapa resiko yang akan kita bahas sebagai pendahuluan seperti berikut

  • Resiko Pasar
  • Resiko Finansial
  • Resiko Operational
  • Resiko Reputasional
  • Kepatuhan

Kok Cuma 5 sih min, ya sebagai usaha baru resiko nya lebih sedikit dan akan berkembang menjadi lebih banyak bila usaha nya semakin besar.

Baik kita akan memulai membahas satu persatu

Resiko Pasar

Resiko ini harus kita fikirkan dengan matang, resiko ini mulai kita analisa saat kita memulai suatu jenis usaha.

Apabila kita telah memilih jenis usaha yang akan kita pasarkan, kita harus memikirkan apakah barang dan jasa ini dapat terjual, apakah segment pasar yang kita tentukan mampu membeli product kita, apakah segmen pasar yang kita tentukan juga membutuhkan barang dan jasa yang kita tawarkan, atau bertahan lama, karena bila tidak maka usaha kita akan berumur pendek.

Selain itu kita juga harus memikirkan product dan jasa yang ditawarkan pesaing kita, apakah kita punya celah disana mauk dan bersaing dengan product yang mungkin telah ada.

Resiko Finansial

Tentu dalam memulai usaha harus memiliki dana yang cukup, bila tidak maka product dan marketing yang kita jalankan tidak akan optimal.

Kita harus memikirkan sumber dana yang akan kita peroleh, dan apakah sumber dana ini dapat terus mencover aktifitas usaha hingga usaha tersebut mulai menghasilkan.

Bila ternyata sumber dana ini adalah dalam bentuk pinjaman, apakah kita dapat membayar pinjaman tersebut atau malah mebuat kita bangkrut.

Resiko Operational

Resiko ini harus kita mulai analisa saat kita mulai mendesign usaha, bagaiamana barang dan jasa ini ditawarkan juga bagaimana barang dan jasa ini sampai kepada konsumen, resiko juga bisa timbul dari produsen kita loh, apakah mereka bisa selalu menyediakan bahan yang kita butuhkan.

Resiko Reputasional

Adalah sayang apabila usaha yang sudah kita rintis harus hancur gara – gara sebuah Komplain dari konsumen kita yang tidak dapat kita service dengan baik.

Resiko ini harus difikirkan dengan baik, karena brand adalah sesuatu yang harus dijaga, kekuatan brand adalah kekuatan marketing yang sangat kuat.

Resiko Kepatuhan

Ijin sebuah usaha harus juga masuk kedalam perencanaan bisnis, karena kita hidup disebuah Negara yang memiliki aturan, usaha yang berkembang besar pasti harus patuh pada aturan pemerintah, karena bila tidak tentu pemerintah akan mengambil tindakan.

Sebenarnya kita terbantu dengan masalah ini, karena pemerintah hanya akan menyetujui suatu barang dan jasa yang aman untuk pasar di Negara nya ataupun untuk export.

Dari sini kita dapat menyempurnakanbarang dan jasa kita lebih baik lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai resiko yang akan dihadapi saat kita memulai usaha, jangan takut dengan resiko tersebut, cari solusi dan implementasikan, semua hal akan mudah bila kita terus semangat untuk mengerjakannya.

See u on next artikel ya

Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *