BisnisDasar BisnisUncategorized

Definisi Segmentasi dan Target Pasar Serta Tujuan dan contoh mengaplikasikannya

Assalamu’alaikum Wa Rohmatullohi Wa Barokatuh

Jumpa lagi dengan jariimaji.com, saat ini penulis ingin membahas mengenai segmentasi dan target pasar dalam dunia usaha.

Kenapa penulis ingin membahas masalah ini, hal ini adalah jantung dari dunia usaha, sebuah produk yang dibuat tidak akan bisa disukai atau akan digunakan oleh seluruh umat manusia, oleh karena itu kita harus memilih jenis market seperti apa yang akan di kejar untuk kita tawarkan.

Sebelum itu penulis akan mengutip definisi dari masing – masing istilah tersebut dari para ahli diantaranya :

Segmentasi Pasar

  • Pride dan Ferrel

Menurut Pride dan Ferrel, market segmentation adalah suatu sistem membagi market ke segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang memperlihatkan terdapatnya kesamaan tingkah laku konsumen.

  • Philip Kotler dan Gary Amstrong

Menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong, pengertian segmentasi pasar adalah pembagian sebuah market menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda

  • Swastha dan Handoko

Menurut Swastha dan Handoko, pengertian segmentasi pasar adalah aktivitas membagi–bagi market yang memiliki sifat heterogen kedalam satu-satuan market yang bersifat homogen

Target Pasar

  • Tjiptono dan Chandra

Proses mengevaluasi dan memilih satu atau beberapa segmen pasar yangdinilai paling menarik untuk dilayani dengan program pemasaran spesifikperusahaan

  • Daryanto

Proses mengevaluasi daya tarik segmen pasar dan memilih satu atau beberapa untuk dimasuki.

Dari definisi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa segmentasi pasar adalah suatu kegiatan memetakan konsumen yang heterogen menjadi kelompok konsumen homogen sehingga kita dapat memilih target pasar dan membuat startegi  yang tepat untuk melakukan penetrasi pewaran produk kita.

Dari definisi tersebut kita juga bisa mendaptakan beberapa tujuan kenapa kita harus melakukan segmentasi dan memilih target pasar.

  1. Memudahkan kita untuk membuatkategori dari suatu pasar
  2. Kita juga dapat membuat pelayananyang baik dalam menawarkan, sebab bahasa sangat penting, beda segmentasi dantarget, tentu beda bahasa yang kita gunakan.
  3. Penawaran kita juga lebih terarah
  4. Biaya promosi jadi optimalk
  5. Dapat membuat target dan rencanabisnis lebih terarah.

Mudah nya adalah dengan menentukan segmentasi pasar dan target pasar kita dapat fokus mengenai strategi, cara menawarkannya dan biaya yang kita keluarkan juga lebih optimal.

Kita berikan contoh nya bagaimana kita menentukan segmentasi dan target pasar dari sebuahproduk hijab printing.

  • Negara : Indonesia
  • Propinsi : DKI Jakara
  • Kelamin : Wanita
  • Usia : 22 tahun – 40 tahun

Penjelasannya adalah saya akan menawarkan produk hijab saya untuk Negara Indonesia yang tinggal di DKI Jakarta, berkelamin wanita dan usia 22 tahun – 40 tahun.

Kenapa enggak pria yang kita tawarkan, karena mungkin konsumen pria yang mau membelikan produk kita lebih sedikit, dan kenapa usia nya mulai 22 tahun, dikarenakan usia tersebut wanita sudah memiliki penghasilan sendiri.

Kalian dapat mengembangkan variable diatas sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Begitulah tulisan kali ini, semoga bermanfaat dan semoga usaha kalian semakin lancar.

Kita hanya bisa berusaha dengan maksimal, biarkan Alloh Subhanahu Wataala yang menentukan.

Salam.

6 thoughts on “Definisi Segmentasi dan Target Pasar Serta Tujuan dan contoh mengaplikasikannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *