BisnisDasar Bisnis

Perbedaan Berdagang dan Berbisnis

 

Perbedaan Berbisnis dan Berdagang
Perbedaan Berbisnis dan Berdagang

 

 

 

 

 

 

 

 

Assalamu’alaikum Wa Rohmatullohi Wa Barokatuh

 

Pada tulisan sebelumnya yaitu  “Dasar Ilmu Berjualan (Berbisnis)”  kita membahas mengenai apa saja yang sebaiknya kita analisa sebelum melakukan kegiatan tersebut, tapi ada yang penulis belum menjelaskan perbedaan nya.

 

Kalo begitu apa ya perbedaannya karena dari kegiatannya kok terlihat sama, kegiatan boleh sama tapi cara menjalankannya berbeda.

 

Okay kita mulai bahas satu persatu.

 

Berdagang

Berdagang itu dilihat dari bentuk nya sangat mudah, yaitu kita tinggal mencari tempat lalu kita menamakannya lalu kita hanya perlu mengisi kios kita dengan barang barang apa saja yang bisa kita dapat dengan harga murah dan menjualnya dengan harga pasaran didaerah tersebut, tentu setelah dinaikkan ya harga nya, kalo enggak ya rugi dong J.

 

Berbisnis.

Nah kalo berbinis kurang lebih sama dengan berdagang tapi ada tambahan nya, yaitu

·         Memiliki branding

·         Toko atau kios yang cantik dan unik sesuai tagline

·         Memiliki SOP ( System Operating Procedure)

·         Terdaftar dan memiliki ijin produksi atau bahkan punya badan usaha

 

Kurang lebih berbisnis itu adalah berdaagang yang memiliki konsep jelas dan berniat untuk dikembangkan lebih besar.

 

Bingung tidak, kalo bingung baik saya akan contohkan.

 

Contohnya seperti ini

Pak Agus dan Pak Slamet membuat warung sate dan tongseng, Pak Agus membuat nama warung nya dengan nama “Warung Sate Tongseng Solo Pak Agus”, Pak Slamet juga memiliki warung dengan nama “Warung Sate dan Tongseng Asli Solo” dengan memiliki tagline “Maknyoss Rasane Echo Regane”, kedua nya memiliki rasa makanan yang sama – sama enak baik sate maupun tongsengnya.

Pak Agus memiliki warung sederhana dan design ala kadarnya, sedangkan Pak Slamet membuat warung dengan konsep yang disesuaikan dengan tagline nya dan rapih bersih dengan nama menu yang unik juga memiliki karyawan dari menjaga kebersihan serta melayani pelanggan.

Pak Slamet karena ingin lebih mendapatkan kepercayaan dari pada pelanggannya, dia mendaftarkan warung nya ini, semua diperiksa oleh dinkes dan mendapatkan nomor produksi dari dinkes mengenai jaminan ke higienisan dari bahan makanan, proses pengolahan dan perlatan yang digunakan. Pak Slamet juga memberikan seragam kepada karyawannya dengan tampilan rapih, baik dan unik. Untuk menjaga semua process usaha nya ini, Pak Slamet juga membuat procedure dari process pemiihan dan pengolahan bahan makanan sampai kepada penyajian juga proses memberihkan alat – alat dan melayani pelanggan dan juga memikirkan membuat franchise dari usaha nya ini.

Kalo sekarang agak lebih jelas kayaknya nya perbedaan dari berbisnis dan berjualan.

Ada baiknya sebelum kita membuat usaha, hal ini juga  dijadikan bahan pertimbangan.

Namun bila tidak memiliki modal yang cukup besar, mulai lah dari berdagang terlebih dahulu, bila memang sudah maju, maka dikembangkan menjadi suatu bisnis yang besar, fikirkanlah mengenai usaha apa, nama apa yang akan digunakan, karena kita juga harus mulai membuat pondasi nya agar bila sudah siap, kita akan mudah untuk mengembangkannya.

Sekali lagi penulis ingatkan berbeda ya, mindset ini penting dan tanamkan di kepala kita, agar kita lebih memahami mengenai usaha yang akan kita buat.

 

Semoga sukses untuk usahanya guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *